10 TEMPAT WISATA BERSEJARAH DI BANDA ACEH YANG MENARIK DIKUNJUNGI

Tempat Wisata Di Banda Aceh - Banda Aceh adalah ibukota provinsi Aceh. Kota yang berjuluk "serambi mekkah" tersebut terkenal dengan wisata alam dan religi. Pada tahun 2004 silam kota tersebut pernah dilanda bencana Tsunami yang cukup dahsyat. Namun dibalik kejadian tersebut, ternyata meninggalkan beberapa bekas sejarah. Dimana bekas kejadian tersebut dijadikan sebagai objek wisata sejarah dan menarik untuk di kunjungi.

 

Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Banda Aceh, jangan cuma mampir ke objek wisata alamnya saja. Tapi kamu juga harus berkunjung ke tempat - tempat wisata sejarah yang ada di kota banda aceh, agar wawasan dan pengetahuan kamu bertambah.

 

10 TEMPAT WISATA BERSEJARAH DI BANDA ACEH YANG MENARIK DIKUNJUNGI

 

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid bersejarah kebanggaan masyarakat Aceh. Masjid ini dibangun pada tahun 1022 H oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid yang berlokasi di jantung kota ini menjadi objek wisata religi yang memiliki nilai sejarah tinggi yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu desain arsitektur masjid yang begitu megah dan indah mampu membuat pengunjung yang datang ke masjid ini berdecak kagum.

 

Location : Jalan Masjid Raya Baiturrahman, Kampung Baru, Kota Banda Aceh.

 

2. Masjid Baiturrahim

Masjid Baiturrahim merupakan masjid bersejarah selanjutnya yang ada di Banda Aceh. Masjid ini merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke 17. Masjid Baiturrahim merupakan satu - satunya bangunan yang selamat saat tsunami melanda daerah tersebut.

 

Location : Kampung Ulee lheue, Meuraxa, Kota Banda aceh.

 

3. Museum Tsunami

Museum Tsunami merupakan tempat wisata di Banda Aceh yang menarik untuk dikunjungi. Museum ini  dibangun oleh arsitek yang sekarang menjabat sebagai walikota Bandung bapak Ridwan Kamil. Museum Tsunami di bangun untuk menghormati dan mengenang korban meninggal saat peristiwa bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 silam. Selain itu museum ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan apabila terjadi bencana alam.

 

Location : Jalan Sultan Iskandar Muda No 3, Sukaramai, Banda Aceh.

Buka       : Senin - Minggu, 09.00 - 16.30

 

4. Museum Aceh

Museum Aceh merupakan tempat wisata bersejarah di Aceh. Didirikan pada masa pemerintahan Hindia - Belanda, Museum ini mempuyai tiga bangunan utama yaitu auditorium, Rumah Aceh serta rumah pameran. Terdapat 10 koleksi di museum ini diantaranya benda - benda geology, arkeologi, bilogi, etnografi, fiologi, keramik historis, numismatik dan heraldik, teknlogi dan senirupa

 

Location : Jalan sultan alaidin mahmudsyah no 12, kecamatan baiturrahman, banda aceh.

Buka       : Selasa - Minggu, 08.00 - 18.00

 

5. Kapal PLTD Apung

Kapal PLTD Apung merupakan kapal pembangkit listrik milik PLN. Kapal yang memiliki berat 2.600 ton dan panjang 63 meter ini merupakan salah satu bukti kedahsyatan tsunami yang melanda Banda Aceh kala itu. Kapal apung saat ini menjadi objek wisata di Banda Aceh yang menarik untuk dikunjungi.

 

Location : Desa Punge Blang Cut, Jaya Baru. Kota banda Aceh.

Buka       : 08-00 - 16.00

 

6. Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang adalah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk sang permaisurinya Putroe Phang. Taman ini menjadi bukti kecintaan sultan kepada sang permaisuri. Didalam taman terdapat sebuah gerbang kecil berbentuk kubah yang menghubungkan antara taman dengan istana.

 

Location : Desa Sukarami, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Buka       : Senin - Minggu. Jam 08.00 - 18.00

 

7. Lapangan Blang Padang

Description : Lapangan Blang Padang merupakan tempat wisata di Aceh yang menarik di kunjungi. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Dimana terdapat sebuah replika pesawat pertama indonesia yang menjadi cikal bakal penerbangan tanah air. Area terbuka yang ada dikota Banda Aceh ini juga menjadi  berkumbul anak muda banda aceh.

 

Location : Kampung Baru, Kecamatan Baituurrahman, Kota Banda Aceh.

 

8. Pantai Ulee Lhue

Description : Pantai Ulee lhue merupakan objek wisata alam yang ada di Banda Aceh. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Ulee Lhue merupakan spot terbaik melihat sunset, maka tak heran pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

 

Locatin : Desa Uee Lhue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

 

9. Monumen Kereta Api

Description : Monumen Kereta Api merupakan objek wisata di banda aceh yang selanjutnya menarik untuk dikunjungi. Monumen ini menjadi bukti sejarah kejayaan kereta api di Aceh di masa lampau.

 

Location : Kampung Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

 

10. Makam Raja Aceh

Description : Makam Raja Aceh adalah objek wisata religi di Banda Aceh. Makam ini menjadi salah satu bangunan bersejarah di Aceh. Terdapat sekitar 12 makam raja/sultan aceh di Pemakaman ini.

 

Location : Jalan Sultan Aliddin Mahmudsyah No 10, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama